Selasa, 24 Desember 2013

Struktur Organisasi Travel dan Fungsinya



CEO
Umumnya, CEO/MD bertugas sebagai seorang komunikator, pengambil keputusan, pemimpin, pengelola (manajer), dan eksekutor. Peran komunikator melibatkan pers dan seisi dunia luar, serta manajemen dan karyawan organisasi; peran pengambil keputusan mencakup keputusan tingkat tinggi terkait kebijakan dan strategi. Sebagai pemimpin, CEO/MD memberi saran kepada dewan direktur, memotivasi karyawan, dan menggerakkan perubahan dalam organisasi. Sebagai manajer, CEO/MD mengawasi operasi organisasi setiap hari, bulan, dan tahun.

Legal Advisor
Dalam sebuah perusahaan fungsi sebagai advisor atau konsultan sangat dipentingkan guna memberikan pendapat dan pertimbangan-pertimbangan hukum berikut jalan keluar yang diperlukan dalam pemecahan suatu permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan, selain itu juga diperlukan masukan-masukan berharga untuk perusahaan seperti menganalisa, mereview dan memberikan ulasan dari peraturan pemerintah yang dirasakan dapat berpengaruh langsung terhadap perusahaan berikut saran dan pendapat untuk jalan keluarnya.

Eksternal Auditor
Tugas yang diemban eksternal audit ini adalah untuk membantu dan memberikan masukan kepada dewan komisaris dalam melaksanakan fungsi dang tanggung jawab pengawasannya terhadap system pengendalian intern perusahaan dan pertanggungjawaban atas laporan keuangan perusahaan. Dalam hal ini apakah telah memenuhi ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku guna melindungi kepentingan pemegang saham dan para pihak pemegang kepentingan lainnya.

Director
Direktur (dalam jumlah jamak disebut Dewan Direktur) adalah seseorang yang ditunjuk untuk memimpin Perseroan terbatas (PT). Direktur dapat seseorang yang memiliki perusahaan tersebut atau orang profesional yang ditunjuk oleh pemilik usaha untuk menjalankan dan memimpin perseroan terbatas. Penyebutan direktur dapat bermacam-macam, yaitu dewan manager, dewan gubernur, atau dewan eksekutif.
Adapun tugas dari direktur itu sendiri adalah :
Eksternal
  1. mewakili PT atas nama perseroan untuk melakukan bisnis dengan perusahaan lain
  2. mewakili PT dalam perkara pengadilan
Internal
  1. mengurus dan mengelola PT untuk kepentingan PT yang sesuai dengan maksud dan tujuan PT
  2. menjalankan kepengurusan PT sesuai dengan kebijakan yang tepat (keahlian, peluang, dan kelaziman usaha) yang ditentukan dalam UU Perseroan Terbatas dan anggaran dasar PT


Finance dan Administrasi
Tugas dari bagian Finance dan Administrasi antara lain adalah :
  1. Mengelola Petty Cash
  2. Membuat dan mengirim laporan Petty Cash Weekly dan Monthly.
  3. Melakukan Penagihan baik melalui telepon ataupun bertemu langsung dengan customer.
  4. Berkoordinasi dengan kantor Pusat (apabila ditempatkan dicabang/site).
  5. Berkoordinasi dengan staff lainnya di kantor cabang dengan baik.
  6. Berkoordinasi dengan Kepala bagian keuangan untuk pertanggung jawaban Cash Flow Report.
  7. Membuat surat resmi perusahaan sesuai dengan format yang diinginkan oleh atasan.
  8. Melakukan pembayaran2 PLN,PDAM,dsb.
  9. Menerima laporan dari  staff admin di site/lokasi dan meneruskannya ke kantor pusat, setelah
     diperiksa dan disetujui oleh kepala cabang.
  10. melakukan pembelian2 kebutuhan operasional kantor, dan kebutuhan operasional site/lokasi.
  11. melakukan pengecekan terhadap kebutuhan kantor dan site/lokasi setiap minggu.


Marketing and Business Development
Tugas dari Marketing dan Business Development yaitu :
1.       Menentukan strategi pemasaran yang efektif dan efisien dengan memperhatikan sumber daya perusahaan.
2.       Menjalin hubungan dengan pelanggan khususnya dalam hal penanganan komplain, pengukuran kepuasan pelanggan.
3.       Menciptakan kenyamanan kerja karyawan perusahaan dengan mengoptimalkan fungsi kerja di Bagian Marketing.
4.       Menjalin hubungan, koordinasi dan kerja sama yang baik di dalam intern bagian Marketing maupun dengan Bagian lain terkait dengan kelancaran proses kerja di Bagian Marketing.
5.       Bertanggung jawab terhadap ketertiban, kelancaran, dan keakuratan data administrasi pemasaran.
6.       Melihat dan menganalisa potensi pasar dan trend belanja kastemer, dengan memperhatikan, dan kalau mungkin me-reposisi produk yang sudah ada, melalui analisa swot.

Inbound Division
Divisi ini bertugas untuk menangani segala permintaan konsumen mengenai tur masuk ke Negara tempat travel tersebut berada, serta pengurusan dokumen perjalanan konsumen tersebut. Konsumen utamanya biasanya adalah turis yang berasal dari luar negeri yang ingin melakukan perjalanan ke wilayah Negara tempat travel tersebut berada.

Outbound Division
Tugas pokok pada divisi ini pada dasarnya sama dengan tugas pada Inbound Division, yaitu menangani permintaan konsumen mengenai perjalanan yang akan dilakukannya dan pengurusan dokumen perjalanannya, hanya saja konsumen yang ditangani adalah berasal dari Negara tempat travel tersebut berada yang akan melalikan perjalanan keluar dari wilayah Negara tersebut.

Domestic Division
Dalam sebuah perusahaan travel agent tugas divisi domestic adalah menyediakan dan menangani permintaan konsumen mengenai perjalanan dalam Negeri sendiri sesuai permintaan konsumen ataupun sesuai dengan paket yang telah tersedia.

Flight Division
Divisi ini memiliki tugas dalam ruang lingkup dalam reservasi atau pemesanan tiket pesawat yang dikehendaki oleh konsumen yang akan melakukan perjalanan udara.

M.I.C.E Division
Tugas pokok yang diemban divisi ini adalah untuk mengelola permintaan akan perencanaan dan pembuatan sebuah acara pertemuan, perjalanan insentif, ataupun pameran yang diminta oleh pihak konsumen.


Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More