Kamis, 25 Oktober 2012

Sekilas Tentang ITCEF



            Dalam rangka mensukseskan dan memperkenalkan kekayaan pariwisata dan kuliner Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama BPPI (Badan Promosi Pariwisata Indonesia) yang diketuai oleh K.RAY.Dra.Hj.SB. Wiryanti Sukamdani, CHA menyelenggarakan sebuah pameran yang bernama ITCEF 2012 (Indonesia Tourism & Creative Economy Fair). Ini adalah sebuah bentuk kegiatan pameran dan promosi yang menampilkan berbagai produk pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia yang berbasi Creative Tourism. Pameran ini diselenggarakan di Jakarta Convention Center, pada tanggal 19-21 Oktober 2012.
            Pameran ini diisi dengan berbagai acara dan kegiatan, diantaranya adalah internal exhibition, table top, uniform parade, table and bed set up competition, cultural performance, serta acara Conference of Indonesia Tourism.
             Kategori event ini sendiri adalah pameran untuk mempromosikan produk pariwisata yang ada di Indonesia. Dan selain sebagai media promosi produk pariwisata Indonesia, event ini sangat erat hubungannya dengan perkembangan konsep ekonomi kreatif, yang merupakan sebuah konsep ekonomi diera ekonomi baru/ ekonomi global yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan stock of knowledge dari sumber daya manusia (SDM) sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonomi.
            Dan yang bertindak sebagai sponsor dalam penyelenggaraan event pameran ini adalah PT. Garuda Indonesia yang merupakan salahsatu perusahaan penerbangan nasional Indonesia yang berbasis pada BUMN. Selain menjadi sponsor dalam acara pameran tersebut, Garuda Indonesia juga ikut berpartisipasi dengan membuka  booths dan memperkenalkan jasa dan layanan yang dimiliki dengan berbagai kelebihannya.
            Sementara itu, jumlah booths dalam event ini ini berjumlah sekitar 147 booths, yang terdiri dari berbagai macam booths perusahaan yang menawarkan berbagai produk layanan penginapan/Hotel, Jasa/maskapai penerbangan, paket tour/wisata, pameran busana, pameran kesenian, pameran kerajinan tangan, serta pameran lukisan dari berbagai daerah yang ada di Nusantara.
            Selain diselenggarakannya ITCEF (Indonesia Tourism & Creative Economy Fair), Pada waktu yang sama juga diselenggarakan pesta kuliner nusantara dalam acara INACULINARY 2012 yang diselenggarakan Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia (APJI), yang merupakan pameran yang menampilkan berbagai kuliner khas dari berbagai daerah yang ada di Nusantara. Acara ini juga bertujuan untuk memfokuskan pada kekayaan kuliner nusantara, sehingga para pengunjung bisa semakin mengenal dan membuka wawasan  tentang keberagaman hidangan tradisional khas Indonesia.
            Keberhasilan atas terlaksananya seluruh kegiatan yang ada dalam event ini tidak dapat dipisahkan dari peran Pundi Tata Prima Convex (Puntama Convex) yang bertindak sebagai EO (Event Organizer) dalam acara pameran ini. Puntama Convex sendiri adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang Event Organizer (EO) dan telah diakui oleh Negara-negara di kawasan ASEAN.
            Dengan diadakannya acara pameran ini, diharapkan dapat memberikan motivasi bagi pengusaha yang berbasis ekonomi kreatif untuk bersaing secara sehat, dan para pengusaha ekonomi kreatif khususnya dibidang pariwisata bisa mendapatkan banyak kenalan baru didunia bisnis pariwisata, sehingga konsep ekonomi kreatif dan pariwisata Indonesia bisa dilihat dimata dunia.

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More