Jumat, 13 Juli 2012

Info Beasiswa

Kali ini saya akan berbagi beberapa info beasiswa untuk melanjutkan kuliah..
Langsung saja ke inti pembahasan..
Berikut Ini adalah beberapa informasi beasiswa yg berhasil saya kumpulkan :

1. Beasiswa KORINDO (PTN IPB)
    Telah dibuka beasiswa dari Yayasan KORINDO TAHUN 2012 dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Mahasiswa S1 dari Fakultas Kehutanan dengan prestasi terbaik minimal IP 2,75
  2. Setelah lulus nanti wajib mengikuti magang di Korindo selama 6 bulan (surat pernyataan sudah disediakan)
  3. Mendaftar online ke: bit.ly/daftarbeasiswa
  4. Melengkapi berkas:
    1. Surat rekomendasi dari Dekan
    2. Mengisi formulir pendaftaran (bisa diambil di kemahasiswaan loket beasiswa rektorat lantai 1)
    3. Melampirkan fotocopy transkrip nilai yang sudah dilegalisir
    4. Foto ukuran 3×4 (3 lembar)
    5. Mencantumkan no rekening mahasiswa
    6. Mengisi surat pernyataan (bisa diambil di kemahasiswaan loket beasiswa rektorat lantai 1)
Berkas dikumpulkan paling lambat 24 Agustus 2012 di Loket beasiswa rektorat lantai 1 Direktorat Kemahasiswaan IPB

2. Beasiswa PPA (peningkatan Prestasi akademik)
Beasiswa ini diberikan oleh Direktorat Jenderal pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional, sejak tahun 1994. pemberian beasiswa ini bertujuan untuk membantu mahasiswa kurang mampu tetapi mempunyai IPK tinggi.
Persayaratan :
  1.Mengajukan surat permohonan kepada ketua/rektor perguruan tinggi
  2.Mahasiswa D3 (diploma 3) atau S1 (strata 1) yg terdaftar aktif studi sesuai dokumen her-registrasi pada   bagian akademik.
  3.IPK minimal 2,75.
  4.Tidak sedang menerima beasiswa atau mengajukan beasiswa lain.

3. Beasiswa S1 Kedokteran UI
Mengecap pendidikan, termasuk pendidikan tinggi adalah hak setiap warga negara Indonesia. Oleh sebab itu, disusunlah suatu program yang bernama Beasiswa Paripurna untuk Bangsa (BPuB), yang dibiayai dari dana beasiswa Universitas Indonesia untuk memperluas akses mahasiswa berpotensi dengan latar belakang ekonomi yang kurang. Program ini khusus untuk mahasiswa jenjang Sarjana Reguler Kedokteran yang tidak hanya membantu biaya pendidikan, tetapi juga biaya hidup dan fasilitas akademik. Dengan diadakannya program ini diharapkan dapat terbentuk dokter-dokter berkualitas yang berbakti untuk bangsa.
SELEKSI tahap I
Hal-hal yang harus disiapkan oleh calon penerima beasiswa antara lain:
  1. Sudah diterima sebagai mahasiswa UI 2012 pada jenjang Sarjana Reguler
  2. Surat pengajuan permohonan Beasiswa Paripurna Untuk Bangsa ditujukan kepada Panitia Seleksi BPuB*
  3. Portofolio kegiatan ekstrakulikuler selama di SMA
  4. Fotokopi laporan akademik(raport)
  5. Esai bertemakan “Peranku kelak dalam memajukan kesehatan di daerahku”. 1500 – 2000 kata*
*ditulis tangan, dalam folio bergaris
Berkas dikirimkan melalui email ke hpeq@fk.ui.ac.id dan pos yang ditujukan kepada:
Panitia Seleksi BPuB
Bagian Kemahasiswaan FKUI
Jln. Salemba Raya No. 6
Jakarta 10430
Tenggat waktu pengiriman email dan berkas adalah 3 (tiga) minggu cap pos setelah pengumuman penerimaan mahasiswa UI.
Kriteria penerima beasiswa antara lain:
  1. Dari hasil seleksi tahap I, tim evaluasi akan memilih mahasiswa yang ulet, jujur, dan memiliki riwayat pendidikan yang baik dan dianggap membutuhkan beasiswa ini untuk mengikuti seleksi selanjutnya yaitu psikotes dan wawancara oleh tim seleksi.
  2. Mengajukan Penyesuaian Biaya Pendidikan melalui proses BOP-Berkeadilan dan Beasiswa Uang Pangkal
  3. Setelah dinyatakan LULUS ujian psikotes dan wawancara dan berhak menerima beasiswa, mahasiwa HARUS menandatangani PERJANJIAN BERSEDIA TIDAK MENIKAH selama menerima beasiswa dan bersedia menjalani segala konsekuensinya
Penerima beasiswa harus memenuhi kewajibannya, yaitu
  1. Mempertahankan prestasi akademik dengan IPK minimal 2,75.
  2. Harus ikut aktif minimal satu kegiatan ekstrakurikuler
  3. Senantiasa berkomunikasi dengan pembimbing akademik (PA), minimal satu bulan sekali.
  4. Membuat catatan dan bukti penggunaan dana beasiswa yang dilaporkan kepada PA secara periodik satu bulan sekali, sebelum tanggal 10.
  5. Selalu bersikap sopan dan menjunjung tinggi etika, tidak melanggar tata tertib kehidupan kampus, dan tidak terlibat dalam tindak pidana apapun.
  6. Menyimpan dana beasiswa dalam rekening tabungan.
  7. Mau bekerja dan berniat untuk membangun daerah yg membutuhkan
Penerima beasiswa berhak:
  1. Menerima dana beasiswa sesuai jadwal disbursement. Disbursement dana:
    1. Living cost Rp. 9.000.000,- per semester dibayarkan kepada mahasiswa setiap tanggal 10 pada awal semester melalui Koordinator Kemahasiswaan dan Alumni FKUI ( setelah menyelesaikan pertanggungjawaban pengeluarannya sebelum tgl 10 awal semester tersebut)
    2. Uang buku Rp. 6.000.000,- per tahun dibayarkan kepada mahasiswa setiap tanggal 1 pada awal tahun akademik melalui Koordinator Kemahasiswaan dan Alumni FKUI (mahasiswa wajib menyerahkan bukti penggunaan pembelian bukunya)
    3. Dana survey daerah Rp. 5.000.000,- per kunjungan per tahun (untuk tahun 2, 3 dan 4) dibayarkan pada tanggal 1 di awal semester genap setelah mahasiswa menyerahkan rincian tertulis rencana survey.
  2. Didampingi dan dipantau oleh PA
  3. Mendapatkan “Kakak Angkat”, yaitu mahasiswa senior yang dapat membantu mengatasi kesulitan akademik maupun nonakademik.
  4. Sisa uang beasiswa menjadi milik mahasiswa penerima
  5. Mendapatkan konseling apabila membutuhkan.
  6. Atas dugaan penerima beasiswa tidak dapat memenuhi kewajibannya, berhak memberi penjelasan untuk mendapat pertimbangan.
Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi: Bagian Kemahasiswaan FKUI a.n. Ibu Emi 08129646237 / (021) 31930373

4. Beasiswa Angkatan 16 IPB
PEMBUKAAN BEASISWA ANGKATAN 16 IPB :
  1. Mahasiswa S1 Semester 2 (Angkatan 48)
  2. Khusus untuk mahasiswa AGB dan KPM dari SOSEK
  3. IP minimum 2.50
  4. Tidak mampu atau BPMP <= 1 juta (dibuktikan dari copy KRS Semester Genap 2011/2012)
  5. Tidak Sedang Menerima / Melamar Beasiswa Dari Pihak Lain.
  6. Akan dilakukan wawancara bagi pelamar
  7. Mengisi kuesioner beasiswa IPB yang bisa di download disini
  8. melampirkan copy transkrip semester 1
  9. melampirkan copy KTM
  10. isian online bit.ly/daftarbeasiswa
  11. Batas pendaftaran 31 Juli 2012.
  12. Beasiswa mencakup biaya hidup per bulan,SPP (jika memerlukan bantuan spp),biaya penelitian sampai semester 8.
  13. Pengumpulan berkas disampaikan ke Loket Beasiswa IPB Darmaga.

5. Beasiswa BP Indonesia-Putera Sampoerna Foundation
Program Beasiswa ini terbuka bagi calon mahasiswa yang membutuhkan bantuan dana untuk melanjutkan pendidikan. Para calon mahasiswa ini harus memiliki prestasi akademis cemerlang, berkepribadian terpuji, jiwa kepemimpinan yang tinggi dan ketertarikan untuk menempuh pendidikan di bidang teknik di universitas maupun akademi jurusan teknik sampai dengan semester 8 dan tidak dapat diperpanjang.
Syarat-syarat mengikuti proses seleksi penerimaan beasiswa:
  1. Putra atau puteri Asli Papua (ayah dan ibu adalah orang asli Papua)
  2. Terbuka bagi mahasiswa baru maupun mahasiswa lama yang duduk di bawah semester 7 pada saat mendaftar seleksi program beasiswa ini
  3. Sudah diterima dengan resmi di salah satu fakultas teknik
  4. Mempunyai potensi akademik cemerlang yang ditujukan dengan:
    • Nilai minimal 7.00 di setiap semester selama masa SMA (bagi pelamar dari mahasiswa baru)
    • Nilai IPK minimal 2.75 selama masa belajar di universitas (bagi pelamar dari mahasiswa lama di bawah semester 7)
    • Aktif di dalam kegiatan organisasi, olahraga, kesenian, dsb
  5. Berasal dari keluarga prasejahtera
  6. Sedang tidak menerima beasiswa dari institusi manapun pada saat melamar beasiswa ini
Formulir pendaftaran dapat diperoleh:
Melalui email ke Kartika.kurniasari@siswabangsa.org/ novy.windian@sampoernafoundation.org atau melalui telepon ke 021-5772340 ext 7115 / 7161 atau 0821 074 1074 selama jam kerja Atau download di sini
Pendaftar harus mengembalikan formulir aplikasi dan dokumen pendukung ke Putera Sampoerna Foundation selambat lambatnya tanggal 14 Juli 2012 ke alamat yang tertera di bawah ini:
Beasiswa BP Indonesia – Putera Sampoerna Foundation
Sampoerna Strategic Square, North Tower 27th floor
Jl. Jend. Sudirman Kav 45, Jakarta 12930
Attn: Kartika kurniasari / Novy Windian
Sebelum mendaftar, pelamar diharapkan untuk membaca dengan cermat petunjuk pendaftaran seleksi beasiswa ini di situs www.sampoernafoundation.org
Note: Hanya Calon Mahasiswa yang lolos seleksi penerimaan beasiswa ini saja yang akan mendapatkan beasiswa dari BP Indonesia.

6. Beasiswa Blackberry-ITB
Institut Teknologi Bandung (ITB) bekerja sama dengan BlackBerry menerima 6 mahasiswa baru tingkat Doktor (S3) dan 12 Magister (S2) yang akan dilibatkan di dalam kegiatan penelitian tentang mobile computing for smart society dengan insentif sebagai berikut:
  1. Gaji sebagai peneliti dan beasiswa Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) di ITB selama maksimal 3 tahun untuk program Doktor dan selama maksimal 2 tahun untuk program Magister.
  2. Perangkat penunjang penelitian (Portable PC dan BlackBerry® device).
Topik penelitian yang ditawarkan, namun tidak terbatas pada:
  1. Smart Logistics
  2. Smart Healthcare
  3. Smart Travel/Transportation
  4. Smart Home
  5. Smart Learning
  6. Mobile hardware interface
Proposal topik-topik penelitian lain juga terbuka untuk diusulkan.
Persyaratan umum:
  1. Mengikuti dan lulus ujian masuk Program Magister Informatika – Opsi Teknologi Informasi (untuk jenjang S2) atau Program Doktor Teknik Elektro dan Informatika (untuk jenjang S3), Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), Institut Teknologi Bandung (ITB). (Jadwal pendaftaran: http://www.sps.itb.ac.id/ind/pendaftaran/waktu-pendaftaran/).
  2. Memiliki minat yang tinggi dalam melakukan penelitian.
  3. Memiliki motivasi yang kuat untuk menjadi entrepreneur.
  4. Bersedia bekerja secara full-time di BlackBerry Innovation Center di ITB.
  5. Menguasai C/Java/HTML.
Peminat serius diharapkan untuk mengirimkan surat lamarannya ke Dr. IGB Baskara Nugraha melalui email ke baskara@stei.itb.ac.id, dengan melampirkan Curriculum Vitae (CV) dan proposal penelitian, paling lambat pada 7 Juni 2012.
Kandidat yang lulus seleksi dokumen akan diundang untuk wawancara pada minggu kedua Juli 2012. Penerima beasiswa akan diumumkan pada minggu ketiga Juli 2012.
 

7. Beasiswa BIDIKMISI


SASARAN
Lulusan satuan pendidikan SMA / SMK / MA / MAK atau bentuk lain yang sederajat tahun 2011 dan 2012 yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi.
JANGKA WAKTU PEMBERIAN BANTUAN
Bantuan biaya pendidikan diberikan sejak calon mahasiswa dinyatakan diterima di perguruan tinggi selama 8 (delapan) semester untuk program Diploma IV dan S1, dan selama 6 (enam) semester untuk program Diploma III.
Untuk program studi yang memerlukan pendidikan keprofesian atau sejenis, perpanjangan pendanaan difasilitasioleh PTN penyelenggara Bidikmisi.
PERGURUAN TINGGI PENYELENGGARA
Penyelenggara program Bidikmisi adalah seluruh perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang selanjutnya disebut PTN.
HARGA SATUAN DAN SUMBER DANA
Harga satuan bantuan biaya pendidikan tahun 2012 adalah sebesar Rp6.000.000,00 (enam juta rupiah) per mahasiswa per semester yang terdiri atas bantuan biaya hidup yang diserahkan kepada mahasiswa dan bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan yang dikelola oleh PTN. Sumber dana berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
SELEKSI
  1. PTN menyeleksi penerima Bidikmisi sesuai kuota melalui pola:
    1. Seleksi Nasional yang terdiri atas SNMPTN (Undangan dan Ujian tulis);
    2. Seleksi Mandiri sesuai dengan ketentuan masing-masing PTN; atau
    3. UMPN bagi Politeknik.
  2. Persyaratan, mekanisme dan prosedur penerimaan melalui seleksi nasional SNMPTN mengikuti ketentuan panitia seleksi yang berlaku
  3. Pendistribusian kuota penerimaan masing-masing pola seleksi ditetapkan oleh PTN melalui surat keputusan pimpinan PTN yang ditembuskan ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sebelum pola seleksi dilaksanakan dan dipublikasikan melalui media.
PERSYARATAN
Persyaratan untuk mendaftar program Bidikmisi tahun 2012 sebagai berikut:
  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2012;
  2. Lulusan tahun 2011 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing- masing PTN;
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
  4. Kurang mampu secara ekonomi sebagai berikut:
    1. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali sebesar-besarnya Rp3.000.000,00 setiap bulan;
    2. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp600.000,00 setiap bulannya; dan
    3. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
  5. Untuk peserta seleksi SNMPTN Ujian Tulis dan Seleksi Mandiri harus memiliki potensi akademik memadai, yaitu masuk dalam 30% terbaik di sekolah (semester 4 dan 5 bagi yang akan lulus tahun 2012 atau semester 5 dan 6 bagi lulusan tahun 2011);
  6. Khusus SNMPTN jalur undangan hanya diperuntukkan bagi yang akan lulus tahun 2012 serta memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten berdasarkan pemeringkatan oleh Kepala Sekolah, yaitu masuk di dalam peringkat terbaik di sekolah yang sama pada semester 3, 4 dan 5 dengan ketentuan berdasarkan akreditasi (akreditasi sekolah untuk SMA dan MA atau akreditasi jurusan/bidang keterampilan untuk SMK dan MK), dengan rincian sebagai berikut:
    1. Akreditasi A: 50% terbaik dan konsisten di semester 3, 4 dan 5;
    2. Akreditasi B: 30% terbaik dan konsisten di semester 3, 4 dan 5;
    3. Akreditasi C: 15% terbaik dan konsisten di semester 3, 4 dan 5;
    4. Lainnya: 5% terbaik dan konsisten di semester 3, 4 dan 5.
  7. Pertimbangan khusus diberikan kepada pendaftar yang memenuhi persyaratan 1 s.d. 6, serta mempunyai prestasi ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler paling rendah peringkat ke-3 di tingkat kabupaten/kota atau prestasi non kompetitif lain yang tidak ada pemeringkatan (contoh ketua organisasi siswa sekolah/OSIS);
  8. Potensi akademik dan prestasi yang dimaksud pada butir 5 dan 6 dinyatakan dengan surat rekomendasi Kepala Sekolah/Madrasah atau Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sesuai dengan Lampiran 2;
  9. Pendaftar difasilitasi untuk memilih seleksi nasional dan/atau seleksi mandiri apabila mendaftar ke:
    1. Semua jenis seleksi nasional (SNMPTN Undangan dan/atau Ujian Tulis);
    2. Seleksi mandiri di 1 (satu) PTN dengan 2 (dua) program studi pilihan
  10. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi;
  11. Tidak buta warna bagi program studi tertentu.
KUOTA
  1. Alokasi mahasiswa baru pada tahun anggaran 2012 adalah 30.000 orang yang didistribusikan kepada PTN di bawah Kemdikbud.
  2. Alokasi yang ditetapkan untuk setiap PTN disesuaikan dengan jumlah mahasiswa baru yang diterima setiap tahunnya dan/atau jumlah mahasiswa di PTN serta pertimbangan lainnya.
  3. Kuota untuk masing-masing program studi ditetapkan oleh masing-masing PTN melalui Surat Keputusan Rektor/Direktur/Ketua dan dilaporkan ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud, baik dipenuhi melalui pola Seleksi Nasional atau Seleksi Mandiri.
DANA
  1. Bantuan biaya hidup yang diserahkan kepada mahasiswa sekurang-kurangnya sebesar Rp600.000,00 (enam ratus ribu rupiah) per bulan yang ditentukan berdasarkan Indeks Harga Kemahalan daerah lokasi PTN;
  2. Bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan yang dikelola PTN sebanyak-banyaknya Rp2.400.000,00 (dua juta empat ratus ribu rupiah) per semester per mahasiswa. Dalam pelaksanaannya PTN dapat melakukan subsidi silang antarprogram studi;
  3. Kelebihan bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan digunakan untuk pembinaan mahasiswa penerima melalui berbagai bentuk kegiatan penunjang (seperti: pembinaan karakter / pelatihan kewirausahaan dan sejenisnya) yang sepenuhnya diatur oleh PTN;
  4. PTN menetapkan besaran bantuan biaya hidup dan bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan melalui SK Rektor/Direktur/Ketua;
  5. Kekurangan bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan di PTN, ditanggung oleh perguruan tinggi yang bersangkutan. PTN dapat mengupayakan dana dari sumber/pihak lain;
  6. PTN memfasilitasi penyediaan dana, sarana dan prasarana belajar mengajar kepada penerima Bidikmisi dengan sumber bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan Bidikmisi atau sumber lain yang relevan;
  7. Ditjen Dikti membebaskan biaya pendaftaran seleksi nasional bagi pendaftar Bidikmisi;
  8. PTN membebaskan biaya pendaftaran seleksi mandiri bagi pendaftar Bidikmisi;
  9. Semua penggunaan dana harus dilaporkan ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
TATA CARA PENDAFTARAN
Tata cara pendaftaran Bidikmisi melalui SNMPTN, UMPN atau Seleksi Mandiri perguruan tinggi adalah sebagai berikut.
  1. Calon pendaftar mengajukan diri kepada Kepala Sekolah untuk direkomendasikan sebagai calon penerima program Bidikmisi.
  2. Kepala Sekolah/Madrasah menyeleksi siswa yang memenuhi syarat dan menyusunnya ke dalam sebuah rekomendasi yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dengan menggunakan formulir pada Lampiran 2;
  3. Tahapan pendaftaran Bidikmisi
    1. Tahap 1. Sekolah mendaftarkan diri sebagai instansi pemberi rekomendasi ke http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id dengan melampirkan hasil pindaian (scan) (Lampiran 2 bagian F) untuk mendapatkan nomor NISR (Nomor Identifikasi Sekolah Pemberi Rekomendasi). Untuk sekolah yang sudah mempunyai NISR, maka Tahap 1 ini dapat dilewati dan langsung ke Tahap 2;
    2. Tahap 2. Sekolah merekomendasikan masing-masing siswa melalui http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id dengan menggunakan NISR untuk mendapatkan KA(Kode Akses) bagi masing-masing siswa yang direkomendasikan;
    3. Tahap 3. Calon yang direkomendasikan melakukan pendaftaran langsung menggunakan KA masing-masing secara on-line melalui laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id kemudian mencetak formulir pendaftaran yang sudah terisi untuk disampaikan ke Kepala Sekolah/Madrasah beserta berkas persyaratan lainnya.
      Calon yang telah menyelesaikan proses pendaftaran Bidikmisi (menyelesaikan semua tahap di atas) akan mendapatkan KAP (Kode Akses Pendaftaran) yang digunakan pada seleksi nasional atau mandiri untuk mendapatkan pembebasan biaya pendaftaran.
  4. Calon mendaftar seleksi nasional atau mandiri menggunakan KAP yang telah diperoleh sesuai ketentuan masing-masing pola seleksi melalui alamat berikut.
    1. SNMPTN jalur Undangan melalui http://undangan.snmptn.ac.id
    2. SNMPTN jalur Ujian Tulis melalui http://snmptn.ac.id
    3. Seleksi Mandiri sesuai ketentuan masing-masing PTN
  5. Sekolah dan atau calon yang tidak dapat melakukan tahapan pendaftaran Bidikmisi (butir 3) secara on-line untuk Seleksi Mandiri karena alasan yang dapat dibenarkan, maka:
    1. Calon mengisi formulir yang disediakan oleh sekolah (formulir dapat diunduh di www.dikti.go.id atau www.bidikmisi.dikti.go.id) dan selanjutnya formulir yang telah diisi beserta berkas persyaratan lainnya disampaikan ke Kepala Sekolah.
    2. Kepala Sekolah mengirimkan formulir rekomendasi (Lampiran 2), formulir pendaftaran (Lampiran 3) berserta kelengkapan berkas lainnya secara kolektif kepada masing-masing Rektor/Direktur/Ketua PTN yang menyelenggarakan seleksi mandiri sesuai pilihan calon. Surat pengantar rekomendasi diberi keterangan perihal surat tentang ‘Pendaftaran Bidikmisi 2012’ (alamat PTN dapat dilihat dalam Lampiran 4).
Berkas yang harus dikirim meliputi:
  1. Berkas yang dilengkapi oleh calon yang akan lulus tahun 2012:
    1. Formulir pendaftaran yang telah diisi oleh calon yang bersangkutan (butir 5.a) yang dilengkapi dengan pasfoto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 3 (tiga) lembar;
    2. Fotokopi Kartu Tanda Siswa (KTS) atau yang sejenis sebagai bukti siswa aktif;
    3. Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 5 (lima) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
    4. Surat keterangan tentang peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang ko-kurikuler dan ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah;
    5. Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Kepala Dusun/instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat;
    6. Fotokopi Kartu Keluarga;
    7. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB dari orang tua/wali-nya (apabila mempunyai bukti pembayaran).
  2. Berkas yang dilengkapi oleh calon yang lulus tahun 2011:
    1. Formulir pendaftaran yang telah diisi oleh calon yang bersangkutan (butir 5.a) yang dilengkapi dengan pasfoto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 3 (tiga) lembar;
    2. Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah;
    3. Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
    4. Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
    5. Fotokopi nilai ujian akhir nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
    6. Surat keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang ko-kurikuler dan ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah;
    7. Surat Keterangan Penghasilan Orang tua/wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala desa/Kepala dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat;
    8. Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga;
    9. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang tua/wali-nya.
Sekolah harus memastikan PTN yang dipilih calon membuka kesempatan pola seleksi Bidikmisi. Informasi mengenai pola seleksi Bidikmisi di setiap PTN dapat dilihat dalam media informasi seleksi masuk perguruan tinggi.
JENIS SELEKSI
PTN dapat melakukan seleksi Bidikmisi melalui seleksi nasional maupun seleksi mandiri.
  1. Seleksi Nasional
    1. PTN melakukan seleksi terhadap penerima rekomendasi Bidikmisi yang merupakan lulusan seleksi nasional (SNMPTN Jalur Undangan/Ujian Tulis) atau UMPN sesuai persyaratan dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN;
    2. Seleksi ditentukan oleh masing-masing PTN dengan memprioritaskan pendaftar yang paling tidak mampu secara ekonomi, pendaftar yang mempunyai potensi akademik yang paling tinggi, urutan kualitas Sekolah, dan memperhatikan asal daerah pendaftar. Untuk memastikan kondisi ekonomi pendaftar, akan lebih baik kalau PTN melakukan kunjungan ke alamat pendaftar;
    3. Kunjungan ke alamat pendaftar dapat dilakukan dengan mendayagunakan mahasiswa PTN yang bersangkutan atau PTN dari domisili pendaftar dengan mekanisme yang disetujui bersama.
    4. Hasil seleksi nasional calon mahasiswa diumumkan oleh panitia seleksi nasional dan diinformasikan ke Ditjen Dikti melalui Sistem Informasi Manajemen Bidikmisi.
  2. Seleksi Mandiri (Seleksi Lokal)
    PTN dapat melakukan seleksi Bidikmisi melalui seleksi mandiri perguruan tinggi dengan ketentuan:
    1. PTN melakukan seleksi terhadap pendaftar menggunakan jalur, persyaratan dan kriteria khusus yang ditetapkan oleh masing-masing PTN;
    2. Seleksi ditentukan oleh masing-masing PTN dengan memprioritaskan pendaftar yang paling tidak mampu secara ekonomi, pendaftar yang mempunyai potensi akademik yang paling tinggi, urutan kualitas Sekolah, dan memperhatikan asal daerah pendaftar. Untuk memastikan kondisi ekonomi pendaftar, dianjurkan kalau PTN melakukan kunjungan ke alamat pendaftar. Disamping itu dapat juga dilakukan verifikasi dan rekomendasi oleh penerima Bidikmisi sebelumnya.
    3. Apabila diperlukan tes lokal yang memerlukan kehadiran fisik pendaftar, maka seluruh biaya untuk mengikuti proses seleksi mandiri termasuk biaya transportasi dan akomodasi ditanggung oleh PTN yang bersangkutan;
    4. Hasil seleksi calon mahasiswa diumumkan oleh Rektor/Direktur /Ketua atau yang diberi wewenang melalui media yang dapat diakses oleh setiap pendaftar dan diinformasikan ke Ditjen Dikti melalui Sistem Informasi Manajemen Bidikmisi.
Ketentuan pembebasan biaya pendaftaran SNMPTN
  1. Calon peserta Bidikmisi terlebih dahulu harus mendaftar ke laman http://bidikmisi.dikti.go.id.
  2. Calon peserta Bidikmisi yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Ditjen Dikti akanmemperoleh KAP dan PIN untuk mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tertulis melalui laman http://ujian.snmptn.ac.id, tanpa harus membayar biaya ujian.
  3. Calon peserta Bidikmisi yang dinyatakan tidak memenuhi persyaratan seleksi Jalur Undangan atau dinyatakan tidak diterima melalui seleksi Jalur Undangan, maka KAP dan PIN dapat digunakan kembali untuk mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tertulis tanpa harus membayar biaya ujian.
  4. Apabila calon peserta Bidikmisi telah dinyatakan lulus melalui seleksi Jalur Undangan dan berkeinginan untuk mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tertulis, maka PIN yang telah diperoleh dinyatakan tidak berlaku dan yang bersangkutan harus membayar biaya ujian dengan menggunakan KAP yang telah diperoleh sebelumnya.
Jadwal Pendaftaran Bidikmisi
Jadwal Pendaftaran Bidikmisi 2012 adalah sebagai berikut
  1. Bidikmisi untuk SNMPTN jalur undangan : 20 Januari 2012 – 29 Februari 2012
  2. Bidikmisi untuk SNMPTN jalur ujian tulis : 1 Mei 2012 – 29 Mei 2012
  3. Jadwal Pendaftaran Bidikmisi untuk Seleksi Mandiri mengikuti ketentuan masing masing PTN
For more information, please visit official website: bidikmisi.dikti.go.id 


8. Beasiswa S1 FULL,Trisakti School of Management Indonesia
YAYASAN BEASISWA TRISAKTI mengundang Putra-Putri terbaik Indonesia lulusan SMA / SMK untuk menjadi mahasiswa TSM melalui program BEASISWA PENUH.
Manfaatkan kesempatan emas ini untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi bergengsi, berpengalaman, berprestasi serta dipercaya oleh Dunia Usaha.
PENDAFTARAN mulai FEBRUARI s.d APRIL 2012
Beasiswa ini diberikan s.d mahasiswa lulus program S-1 atau maksimal 8 semester yang meliputi :
  • FREE UANG SPP (Uang Gedung)
  • FREE Uang Persemester (SKS, LABORATORIUM,BPP POKOK, DKM, Regristasi Ulang)
  • FREE Uang Wisuda
Syarat-syarat beasiswa Penuh :
  • Nilai rata-rata raport semester 1-6 min 7,5
  • Fresh graduate (lulusan tahun 2012) & umur maks. 19 tahun pada saat daftar
  • Menyerahkan Fotocopy nilai raport dan di legalisir
  • Menyerahkan Fotocopy KTP dan kartu keluarga
  • Mengisi dan meyerahkan Surat Pernyataan tidak menerima beasiswa dari sumber lain (klik disini)
  • Mengisi formulir Beasiswa Penuh (klik disini) dan Formulir Mahasiswa Baru (klik disini) melalui websie TSM di www.stietrisakti.ac.id dan dikirimkan melalui pos / diantar langsung ke kampus.
  • Apabila ternyata pendaftar tidak memenuhi syarat-syarat diatas, maka akan didiskualifikasi oleh panitia
Mengikuti tahapan seleksi :
  1. Test Pengetahuan Umum & Matematika
  2. Test Bahasa Inggris
  3. Wawancara
  4. Psikotest
  5. Test Kesehatan
Informasi jadwal ujian beasiswa full harap cek www.stietrisakti.ac.id atau hubungi: 021-56965427, 021-5666717/720 ext. 260 & 290 setelah UN SMA/SMK selesai




9. Beasiswa SUPERSEMAR 2012
Yayasan Supersemar tahun 2012 kembali memberi beasiswa untuk 140 mahasiswa dengan nominal Rp.200.000/bulan dengan persyaratan sbb ;
  1. Mahasiswa D-3 angkatan tahun 2009-2010 dan untuk S-1 angkatan tahun 2007-2010
  2. Berasal dari kelurga yang perekonomiannya menengah ke bawah
  3. Mengisi formulir permohonan beasiswa (download)
  4. Melampirkan transkrip nilai (IPK minimal 2.50)
  5. Surat keterangan penghasilan orang tua
  6. Fotokopi kartu keluarga dan Gama Card
Untuk persyaratan dikumpulkan di fakultas masing-masing sebelum tanggal 5 Maret 2012


10. Beasiswa Yayasan Bakti BCA-Universitas Indonesia
Program beasiswa ini diperuntukkan untuk mahasiswa S1 Reguler dengan persyaratan sebagai berikut :
  1. Aktif S1 Reguler minimal semester 5 (lima)
  2. Berprestasi dengan IPK minimal 3.00
  3. Membutuhkan bantuan financial
  4. Bukan perokok aktif
  5. Tidak sedang menerima beasiswa dari perusahaan atau instansi lain
  6. Usia maksimal 21 tahun
  7. Belum menikah
  8. Bersedia mengikuti proses seleksi dan ketentuan persyaratan beasiswa
  9. Membuat tulisan (essay)
Adapun berkas kelengkapan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut
  1. Fotokopi KTM
  2. Transkrip nilai terakhir
  3. Slip Gaji / Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua yang telah disahkan
  4. Fotokopi Kartu Keluarga
  5. Formulir beasiswa (dapat diambil di Direktorat Mahalum FEUI)
  6. Surat Pernyataan Bukan Perokok Aktif (dapat diambil di Direktorat Mahalum FEUI)
  7. Essay maksimal 1 lembar dengan tema Rencana Pengembangan Diri
Dimohon bagi mahasiswa yang ingin menjadi aplikan beasiswa ini, harap mengumpulkan berkas paling lambat 18 Maret 2012 ke Direktorat Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni FEUI


11. Beasiswa Coca-Cola Foundation Indonesia-IPB
Persyaratan Beasiswa Coca-Cola Foundation Indonesia :
  1. Mengisi formulir aplikasi
  2. Sedang aktif mengambil kuliah S1 (sarjana) reguler,
  3. Minimum sedang kuliah di tahun ke-3 dengan minimal sudah menempuh 90 SKS,
  4. Nilai IPK rata-rata tidak kurang dari 2.75 dari skala 4 (dengan melampirkan copy laporan akademis yang telah dilegalisir fakultas bersangkutan),
  5. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain
  6. Direkomendasikan oleh Wakil Dekan Bagian Kemahasiswaan (ada pada formulir)
  7. Lebih diprioritaskan atau disukai mahasiswa yang aktif dalam organisasi kemahasiswaan (dibuktikan dengan surat keterangan organisasi),
  8. Tidak terlibat dalam tindakan kriminal dan/atau penyalahgunaan obat-obatan
Sebagai bahan seleksi maka calon harus melampirkan hal-hal sebagai berikut ini:
  1. Copy Katu Mahasiswa yang masih berlaku,
  2. Pasfoto terbaru ukuran 4 x 6 cm 2 Lembar,
  3. Copy Kartu Keluarga,
  4. Surat Keterangan Gaji Bulanan orang tua atau surat Pernyataan Ketidakcukupan Keuangan dari RT dan RW setempat serta copy tagihan listrik selama 3 bulan terakhir,
  5. Surat pernyataan sedang tidak menerima beasiswa dari pihak lain,
  6. Fotocopy Transkrip Nilai Terakhir,
  7. Mengisi Formulir beasiswa. Bisa didownload disini
  8. Daftar Online di alamat bit.ly/daftarbeasiswa
  9. Mengisi kuisioner beasiswa. Bisa didownload disini

12. Ajinomoto Indonesia Postgraduate Scholarship, University of  Tokyo, Japan
Apply for a post graduate scholarship to University Of Tokyo. If you…..
  • Are highly interested to pursue an overseas master degree in the field of science and technology: Engineering, Pharmaceutical, Mathematical, Agriculture, IT Sciences (except Medicine & Veterinary Medicine) with minimum GPA 3.50.
  • Posses an excellent academic performance and has strong sense of Indonesia nationalism and leadership.
  • Completed at least 16 years of formal education (inclusive elementary, junior/senior high school and College) or shall be graduating from College by March 2012.
  • Will not be more than 35 years of age by 1 April 2013 and will not be receiving other scholarship.
  • Must be in good physical and mental health and have a strong motivation for learning.
  • Have the strong desire to learn the Japanese Language & Culture since its proficiency level shall be used as a pre-requisite to majority of the courses for graduate school acceptance
  • Pass the screening and selection process in Ajinomoto Indonesia.
  • Pass the required grade needed for exams such as Test of English as Foreign Language (TOEFL), Graduate Records Examination (GRE) and Japanese Language Proficiency Test (JLPT)
Then you could be the recipient of …..
  • JPY 150,000/monthly allowance (maximum for 1 year) for a research graduate school student.
  • JPY 180,000/monthly allowance (maximum for 2 years) for a master’s course graduate school student.
  • JPY 200,000 airfare coverage (to and from Japan)
  • Full coverage of Examination, Admission and Tuition fees.
Types of Ajinomoto Scholarship:
  • Master’s Student Program: a. Must be able to pass level 3 (basic level) of Japanese Language Proficiency test. b. Entire program should be finished within two years. c. Should able to submit required documentation to the University of Tokyo for the chosen field of study.
  • Research Student Program + Master’s Student Program: a. Must be able to pass level 3 (basic level) of Japanese Language Proficiency test. b. Entire program should be finished by three years.
  • Place your accomplished application form in the following documents in a envelope:
  • (3) Passport size photos, taken within 6 months
  • Certified true copy of Transcript of Records
  • Certified true copy of University/College Diploma
  • (2) Accomplished Recommendation Form from either University President, Dean or Academic Adviser.
  • Documents to be submit: Application Form, Recommendation Form, Field & Study Program Form.
Send all documents to:
PT. AJINOMOTO INDONESIA
Jln. Laksda Yos Sudarso 77-78, Sunter
Jakarta 14350
Attn: CSR Committee
Phone: 021-65304455 Fax: 021-65308119








SEMOGA SEMUA INFORMASI BEASISWA  INI DAPAT MEMBANTU.
JOIN THIS SITE : WWW.DIYO-EXPERIENCE.BLOGSPOT.COM
Jangan Takut Untuk Melanjutkan Sekolah...!



Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More